Senin, 15 November 2010

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu sector yang memainkan peranan yang sangat penting dan merupakan suatu indicator penentu kemajuan suatu Negara. Peningkatan pembangunan dan kemajuan suatu Negara ditinjau dari bidang ekonomi tergantung dari pertumbuhan ekonomi suatu negara tersebut atau dengan kata lain peningkatan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa mengindikasikan bahwa ekonomi Negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan Gross Domestic Product (GDP) tanpa melihat apakah kenaikan Gross Domestic Product (GDP) lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk dan apakah terjadi perubahan struktur ekonomi “ perilaku ekonomi’.

Pertumbuhan ekonomi menjadi sumber peningkatan pendapatan masyarakat. Perencanaan pertumbuhan ekonomi pada umumnya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi suatu Negara berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi dan perubaha struktur ekonomi. Perubahan struktur ekonomi itu sendiri terjadi sebagai konsekuensi dari perubahan di dalam pertumbuhan ekonomi yang berdampak kepada permintaan dan penawaran. Jika pendapatan meningkat maka permintaan juga meningkat dan semakin bervariasi. Sektor produksi merespon dan didukung oleh teknologi, peningkatan sumber daya manusia, material baru. Pertumbuhan ekonomi berlangsung mengikuti proses spiral meliputi permintaan agregat dan penawaran agregat.

Jika kita melihat berdasarkan tajuk rencana yang berjudul “ Pertumbuhan Ekonomi” kita dapat mengetahui bahwa pada realitanya menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Berdasarkan berita yang dikeluarkan oleh bank dunia yang memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa mencapai 5,9 % yang sebelumnya hanya diprediksi 5,6 %. Membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan dalam negeri berupa konsumsi masyarakat dan perdagangan domestic hal ini sangat didukung oleh pertumbuhan penduduk. Selain factor pertumbuhan diatas juga didukung dari sector investasi, dimana iklim investasi negara Indonesia semakin membaik sehingga memperkuat daya tarik pasar dalam negeri.

Dengan adanya investasi yang lebih kondusif maka akan mendorong para investor baik dari dalam negeri atau dari luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) negara Indonesia dan meningkatkan daya saing dalam perekonomian. Dimana kita dapat mengetahui bahwa tahun ini daya saing perekonomian kita berada pada peringkat 44 di dunia , pertumbuhan GDP kita tertinggi di asia serta satu-satunya Negara G-20 yang dapat mengurangi rasio hutang dari GDP. Peningkatan daya saing ekonomi Negara kita masih banyak mengalami kendala khususnya dari sector pembangunan infrastruktur yang memadai, yang pada realitanya masih kurang mendukung terhadap perekonomian Negara kita. Ini salah satu agenda dan catatan penting bagi pemerintah yang perlu dibenahi dalam rangka pengambilan kebijakan di bidang ekonomi.

Meskipun demikian kita tidak boleh terlalu bangga, karena ini merupakan suatu tantangan bagi kita untuk terus maju jangan sampai pertumbuhan ekonomi hanya dipandang dari membaiknya angka tetapi juga merujuk pada peningkatan kualitas pertumbuhan itu sendiri dan bagaimana relevansinya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Pertumbuhan harus didukung oleh pilar-pilar yang sama kuatnya yaitu konsumsi, investasi, ekspor, serta belanja pemerintah (APBN). Semua strategi pertumbuhan ekonomi di atas seharusnya harus memiliki makna yang lebih besar dalam rangka pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Maksudnya adalah pertumbuhan ekonomi harus merepresentasikan peningkatan kesejahteraan rakyat .

Pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik dituntut untuk dapat menghasilkan atau menciptakan sebuah lapangan kerja baru bagi masyarakat. Menciptakan sebuah lapangan kerja baru akan menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran (kemiskinan). Meningkatnya lapangan pekerjaan juga dapat mempengaruhi peningkatan perekonomian suatu Negara, dimana pajak Negara bertambah, devisa negara juga bertambah. Makna dari pertumbuhan ekonomi itu sendiri tergantung pada kinerja pemerintah dan peningkatan sumber pendapatan masyarakat. Meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu factor yang memperkuat fundamental perekonomian bangsa secara keseluruhan dan merupakan manifestasi dari hasil dan kualitas pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar anda yang bersifat membangun dan sopan.