Senin, 15 November 2010

ETIKA

PRINSIP MORAL DASAR

  1. Prinsip Sikap Baik

Prinsip Sikap Baik adalah disposisi dan kemauan untuk melihat orang lain sebagai npribadi yang bermartabat, yang berharga bukan karena ia menguntungkan dan bermanfaat bagi saya tetapi dia adalah pribadi yang bernilai pada dirinya sendiri

Mendorong orang untuk mengusahakan kebaikan kesejahteraan dan keselamatan sesamanya bahkan terhadap orang yang tidak dikenal sebelumnya.Sesungguhnya dalam diri manusia ada kecenderungan untuk bersikap baik karena itu merupakan bagian dari kodrat manusia sebagai makhluk social.

  1. Prinsip Keadilan

Kehendak kuat dan tetap untuk memberi kepada orang lain apa yang menjadi haknya. Tuntutan keadilan yang paling dasariah adalah perlakuan terhadap semua orang yang berada dalam kondisi dan situasi yang relatif sama. Untuk berbuat baik kepada sesama seseorang harus menghargai hak-hak asasi orang lain.

  1. Prinsip Hormat Pada Diri Sendiri

Untuk besikap baik seseorang tidak boleh melanggar hak-hak orang lain termasuk untuk tidak menelantarkan diri sendiri dengan membiarkan diri diperbudak dan diperalat oleh orang lain . Mencintai diri sendiri merupakan dasar bagaimana kita bisa mencintai orang lain. Mencintai diri sendiri tidak sama dengan egois. Prinsip menghormati diri sendiri berarti setiap orang setiap orang harus memperlakukan dirinya sendiri sebagai pribadi yang bermartabat dan memiliki nilai dalam dirinya sendiri. Frans Magnis Suseno mengatakan bahwa prinsip hormat pada diri sendiri memiliki dua arti yaitu pertama sebagai tuntutan agar kita tidak membiarkan diri diperas,diperbudak, kedua prinsip hormat pada diri sendiri juga merupakan tuntutan moral untuk tidak menelantarkan diri sendiri.

KEUTAMAAN-KEUTAMAAN MORAL DASAR

  1. Kejujuran

Kejujuran adalah landasan untuk membangun kepercayaan orang lain kepada kita. Tanpa kejujuran tidak mungkin dibangun suasana saling mempercayai. Orang jujur adalah orang yang konsisten antara apa yang dipikirkan dengan apa yang dikatakan dan diperbuat. Kejujuran seseorang dapat dilihat dari kesetiaan seseorang terhadap apa yang dijanjikan.

  1. Otentisitas

Otentisitas adalah keaslian,originalitas. Pribadi yang otentik adalah pribadi yang didasari oleh kejujuran yang tampil apa adanya tidak memakai topeng. Lawan dari pribadi yang otentik adalah pribadi yang oportunitis artinya menyesuaikan diridengan situasi lingkungan sejauh menguntungkan.

  1. Kesediaan Untuk Bertanggung Jawab

Kebebasan untuk bertanggung jawab merupakan konsekuensi logis dari kebebasan yang dimiliki oleh manusia . Pribadi yang bertanggung jawab akan melakukan sesuatu bukan karena hukum atau peraturan tetapi karena kesadaran pribadi bahwa sesuatu itu bernilai maka wajib dilakukan.

  1. Kemandirian Moral

Orang yang mandiri secara moral adalah orang yang berani membuat dan mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan rasional atas suatu persoalan pada situasi konkret. Orang yang mandiri secar moral tidak akan mengikuti apa yang dikatakan dan diperbuat oleh orang lain kalau itu bertentangan dengan nilai dan prinsip dasar moral.

  1. Keberanian Moral

Keberanian moral adalah tekad dan kehendak kuat untuk bertindak dan berbuat sesuai apa yang dipikirkan dan dipertimbangkannya sebagai tugas dan tanggung jawabnya. Keberanian moral ditunjukan dalam tekad untuk tetap mempertahankan sikap yang telah diyakinisebagai kewajibannya walaupun harus berhadapan dengan banyak kesulitan dan resiko.

  1. Kerendahan Hati

Kerendahan hati membantu orang mampu merelatifkan apa yang dimiliki dan disandangnya . Orang yang rendah hati mampu mendengarkan orang lain dan terbuka terhadap perubahan kalau memang diperlukan

  1. Bonum Commune

Mampu bertindakbukan hanya demi kepentingan diri sendiri tapi juga mau berkorban demi kesejahteraan dan kebahagiaan orang lain. Kebutuhan dan penderitaan orang lain menggugat kesadaran moralnya untuk bertindak demi kebaikan sesamanya. Prinsipnya bahwa aku akan maju dan berkembang kalau orang lainpun maju dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar anda yang bersifat membangun dan sopan.