Minggu, 08 Maret 2009

Pengembangan Diri

Sadar atau tidak sadar, ternyata proses pengembangan diri dapat menjadi faktor utama dalam peningkatan kemampuan studi maupun karier seseorang. Bahkan dalam menentukan posisi maupun jabatan seseorang. Karena hidup ini bisa dikatakan sebagai persaingan antara 1 manusia dengan manusia yang lainnya. Walaupun itu dengan kita sendiri.
Kalau boleh sharing mengenai pengalaman sendiri...
sekitar tahun 2007, saya memiliki keinginan untuk menjadi bagian dalam Himpunan Mahasiswa. Begitu banyak teman-teman saya yang mengikuti seleksi untuk masuk didalamnya. Mungkin dari segi keaktifan dalam kegiatan kampus, kami sama-sama memiliki catatan keaktifan yang cukup, namun tidak dari segi akademis, nilai mereka jauh lebih baik dari saya. Sempat terlintas bahwa ini merupakan persaingan yang sangat berat dan ketat, dan 1 hal yang saya rasakan saat itu adalah SAYA BISA.
dan hasilnya.... saya diterima, walaupun tidak di bidang yang saya daftar semula....
namun, 1 hal yang saya rasakan saat mengetahui hasilnya : bukan lewat otak saja kemampuan kita di ukur, melainkan melalui soft skill dan nilai "PLUS" yang kita miliki, juga kemampuan kita dalam mengembangkan apa yang telah kita dapatkan dan miliki supaya kita bisa memiliki nilai "PLUS" yang tidak dimiliki orang lain.
Sekarang, mari kita sama-sama berfikir, bagaimana kita bisa menjadi manusia "PLUS" dibandingkan teman-teman kita lainnya??? dan bukan dari segi nilai akademis belaka?
yaph... hal yang terpenting adalah "Tingkatkan Nilai Dalam Diri dengan Pengembangan Diri"
Tapi, saat kita sudah melewati fase "lulus sekolah dan kuliah" (dewasa) kita gak mau lagi untuk berkembang lagi. Karena kita merasa sudah "bisa" dsb. Buat apa bersusah susah lagi, toh sudah bekerja ini. Namun, kita akan menyadari saat merasa hidup biasa-biasa saja, tidak ada perkembangan sama sekali.
Namun dilain sisi, banyak sekali anak-anak muda yang berkembang dengan pesatnya, diusia muda sudah memiliki banyak prestasi dan berkarya di berbagai bidang.
Mereka sudah mengerti dan menyadari pentingnya pengembangan diri.
Buat yang masih kuliah atau sekolah, ayooo tunjukin dirimu.... dan inilah kesempatan untuk kita mengembangkan diri kita. Kita masih punya banyak waktu untuk berubah menjadi lebih baik dari hari ini.
Buat yang udah gawe n merit...... guys! tidak ada kata terlambat uy....
proses pengembangan diri gak akan pernah berhenti sampai nanti kita tua...
So... jangan bilang tidak atau NANTI......
gak ada kata malas!!!!
semua butuh proses dan pengorbanan. ...
Temanzzz.... kapan kita mau berubah????
Saya : sekarang!
Kamu????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar anda yang bersifat membangun dan sopan.